radio ” tjawang “

spectacles.gifdari jaman mudanya dulu , bapak saya memang senang ngutak atik elektronik. Sampe – sampe pernah merakit pesawat radio sendiri pake papan, terus komponen-komponennya dihubungkan dengan kawat tembaga dan tenol ( patri)….weleh – weleh akhirnya radio “blabag” ( papan) tersebut pun selesai dirakit dan bunyinya pun nggak mengecewakan, tiap ada kesempatan pasti distel, kalo ndak ndengerin “uyon-uyon” ya wayang kulit di waktu malam hari.

dari hobbinya tersebut,tetanggaku lantas pada tahu, kalo bapak juga bisa mbetulin radio yang rusak. Sewaktu liburan beberapa bulan yang lalu saya pas pulang, bapak lagi sibuk ngutak -atik sebuah pesawat radio tua, merek TJAWANG.

Biasanya kalo lagi mbetulin radio gitu, pas siang hari sepulang dari sawah jadi pakdhe – pakdheku pada ikutan ngliat sekalian nemenin bapak.

Pas mbetulin radio ” tjawang” tadi , salah satu pakdheku ( pakdhe Joyo) juga ikut nemenin bapak lantas bertanya :” kuwi radione kok merek tjawang to ? Biasane rak telesonik, telefunken, opo nasional ngono, kiro – kiro tjawang ki opo yo ? Bapak menjawab : ” lha embuh yo, njajal takono Pet ( aku ) kae ” .Aku lantas menghampiri bapak dan pakdheku : ” wonten nopo pakdhe ?” tanyaku. ” Iku lho le pakdhemu takon, geneo radio kok merk tjawang karepe kepriye ? bapak yang bertanya.

Oh, sak mangertos kulo mekaten pakdhe, radio Tjawang meniko wedalan saking pabrik National Gobel, keleresan pabrik wau dumunung ing daerah Tjawang, Jakarta Timur. Mbok menawi kangge pangeling – eling menawi pabrik National dumuning ing Tjawang, mila radio niki (kataku sambil menunjuk radio yang dibetulin bapak) dipun tengeri kanthi merk TJAWANG” kataku menjelaskan.

Oh dadi Tjawang kuwi aran panggonan ?” tanya pakdhe Joyo lagi. ” mila leres pakdhe“jawabku.

Demikian obrolan siang itu tentang radio Tjawang, entah sekarang National ( eh udah Panasonic ya kalo gak salah) masih memproduksi radio dengan merk Tjawang tersebut apa tidak.

Iklan
Explore posts in the same categories: tulisan "ebreh -ebreh"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: