nostalgia 17 Agustusan

melihat meriahnya bendera merah putih di jalan – jalan seperti hari ini, membuatku ingat waktu duluuuuuuuu masih sekolah di kampung.

saat itu Agustus 1981 masih kelas 2 SMP, diminta mewakili sekolah untuk ikut upacara 17 an di Kecamatan ( diiiiih senengnya dipercaya “mewakili sekolah” he…he…he..) tiap kelas dipilih 5 orang ( weh seneng dong dari 50 siswa,……bener angkatanku memang 1 kelas berisi 50 anak, terpilih menjadi duta …..bangga tenan awakku rek)

Well, sehari sebelum pelaksanaan upacara, kami yang diutus mewakili sekolah berkumpul untuk membicarakan tentang pelaksanaan event esok pagi, lalu telah kami sepakati kalau besok pagi kita berangkat upacara ” jalan kaki” ( jarak sekolah ke kecamatan lebih kurang 10 km), kenapa jalan kaki ? Masukan dari teman – teman sekalian napak tilas jejak para pejuang dahulu ( btw route perjalanan kami melewati makam Nyi Ageng Serang yang juga seorang pejuang kemerdekaan Indonesia).

Dan………..esok paginya seperti yang telah kami sepakati kami kumpul di sekolah dan berangkat pukul 05.00. Ketika melewati makam Nyi Ageng Serang, ada usulan dari temenku agar “mampir” ziarah sebentar. ( tapi atas anjuran ketua rombongan nanti saja ziarahnya habis upacara, karena memburu waktu ). Kami melanjutkan perjalanan.

sampai Kecamatan pukul 07.15 (upacara dimulai pukul 07.30). Upacara dipimpin oleh Bapak Camat sendiri, habis upacara kami diajak ramah tamah di gedung pertemuan Kecamatan ketemu dengan tokoh masyarakat, veteran, dan teman – teman perwakilan pelajar se Kecamatan.

Selesai ramah tamah kami terus pulang kerumah masing – masing dan kami…..jalan kaki lagi, jadi “mampir” ziarah di Makam Nyi Ageng Serang.

Usai ziarah kami pulang kerumah masing – masing.

(Nostalgia 17an ini berdasarkan penuturan seorang temanku yang tinggal di Kalirejo……Merdeka Pak Pri, semoga sempat mampir ke blog saya dan mbaca tulisan ini )

Iklan
Explore posts in the same categories: tulisan "ebreh -ebreh"

One Comment pada “nostalgia 17 Agustusan”

  1. Sukir Says:

    Walah jebule ono wong kuprog (kilen pragi) sing nge-blog tho…huehehehehe…ampuh tenan..sip Pakdhe Piet! Kulo tonggo kecamatan ki Pakdhe saking Samigaluh. Jadi pengen mewujudkan impian situs http://www.kuprog.net nih..;))


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: